Pengen Bisa Ngoding HTML? Kenali Dulu Apa Itu HTML - Tempat Belajar Asyik Seputar Dunia Website

Artikel Terkini

Post Top Ad

Kamis, 13 Juli 2017

Pengen Bisa Ngoding HTML? Kenali Dulu Apa Itu HTML


"Tidak Kenal Maka Tak Sayang", Itu adalah peribahasa yang cukup umum yah gan, haha.. Mau bisa ngoding web? Tapi belom kenal sama HTML? Kenalan dulu gan dengan HTML. Kali ini admin mau ngenalin nih bahasa yang cantik, indah, sexi dan pasti joss gan, saingannya Ariel Tatum nih gan. Hahaha.

Singkat basa-basi, nah si HTML itu merupakan singkatan dari HyperText Markup Language yang memang merupakan salah satu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).

Ngomong-ngomong kenapa bisa dibilang sebagai Bahasa Pemprograman yah? Bukan kode pemprograman? Itu karena memang kode-kode yang terangkai itu dapat dibaca di mengerti dan mampu membangun komunikasi satu dengan yang lainnya, layaknya fungsi sebuah bahasa. Kurang lebih gitu deh gan, kalo kebanyakan kurangnya maafin yah gan.

Nah si HTML itu di pake supaya dapat menghasilkan tampilan atau wujud yang terintegerasi dengan pem-formatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas dengan format ASCII sehingga menjadi sebuah tampilan halaman web dengan perintah-perintah HTML.

Nah sekarang gimana udah kenalkan sama si HTML? cantikkan, sexi, menawan, dia ini bener bener saingannya Ariel Tatum gan. Pengen nyobain rasanya HTML? Nanti admin share tutorial begimane cara make si html dengan benar biar makin mantap rasanya. Hahahaha

Sebelum make HTML, ane harus buka dikit lagi si HTML, biar makin terbuka gan.

Fungsi Fungsi HTML
Setelah puas kita kenal sama si HTML, kali ini kita buka satu persatu dengan cara perlahan, agar semakin mendalami, Yup, kita akan buka apa aja itu fungsi HTML. Nih ane buka satu satu :
  1. Fungsi utama html itu untuk membuat suatu halaman website JELAS? Hahaha. Seluruh laman website yang ada dalam internet dibuat dengan html dan tidak ada pengecualian. 
  2. Menandai teks pada suatu laman, html ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu dimana simbol dan tag tersebut akan menandai teks menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan lain sebagainya. Misal jika kita membuat suatu teks menjadi teks miring atau italic, dalam laman html dituliskan kode <i>, <b> untuk teks tebal dan <u> untuk teks bergaris bawah. 
  3. Sebagai dasar website, website yang dibuat tentunya memiliki beberapa fitur yang dibuat dengan menggunakan java script (untuk mengatur perilaku web), implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesain web menggunakan CSS. Semua bahasa tersebut dapat diaplikasikan jika web memiliki bahasa html sebagai dasarnya. 
  4. Menampilkan tabel, gambar, video, dan lainnya. Biasanya dalam website atau blog kita tidak bisa langsung meletakkan tabel, gambar maupun video oleh sebab itu komponen tersebut diletakkan pada web dengan menggunakan bahasa html. 
  5. Menandai elemen dan membuat online form, html juga berfungsi untuk menandai bagian-bagian dalam website diantaranya header, main, footer, navigation dan lain sebagainya. Selain itu html juga biasanya digunakan sebagai bahasa dalam membuat suatu online form atau formulir digital. 
Udah dulu lah yah indocoders, ane cape nih, hahaha, mau ngelitikin ariel tatum dulu, nah sekarang yang penting ente udah tau kan siapa HTML dan bagaimana si HTML kerja. Hahahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads